Info Liga Jerman

10 Bintang Bayern Munchen Yang Dibajak Dari Klub Rival

Raksasa asal Jerman, Bayern Munchen seakan telah menjadi destinasi bagi banyak pemain top di pentas Bundesliga. Dalam beberapa tahun belakang, FC Hollywood menuai sukses dengan skuat yang diisi banyak bintang yang mereka rekrut dari tim rival.

1. Robert Kovac

 

Klub Asal: Bayer Leverkusen (2001)
Banderol: £5,6 juta

Bek asal Krosia, Robert Kovac menjadi bintang Bayer Leverkusen yang pertama dibajak Bayern Munchen dalam daftar ini. Pada musim panas 2001, Munchen memboyong Kovac dengan biaya £5,6 juta atau setara Rp 93 miliar.

2. Ze Roberto

 

Klub Asal: Bayer Leverkusen (2002)
Banderol: £7,13 juta

Nama Ze Roberto mencuat setelah tampil menawan bersama Bayer Leverkusen di musim 2001/02. Pada musim selanjutnya, Bayern Munchen sukses memboyong pemain asal Brazil tersebut dengan harga £7,13 juta atau setara Rp 118 miliar.

3. Michael Ballack

 

Klub Asal: Bayer Leverkusen (2002)
Banderol: £4,5 juta

Sukses melaju ke babak final Liga Champions musim 2001/02 membuat skuat Bayer Leverkusen saat itu dilucuti klub lain, termasuk Bayern Munchen.

Setelah sukses memboyong Ze Roberto, Munchen juga merekrut gelandang andalan Leverkusen Michael Ballack dengan harga £4,5 juta atau setara Rp 74 miliar yang kemudian menjadi salah satu legenda klub.

4. Lucio

 

Klub asal: Bayer Leverkusen (2004)
Banderol: £9 juta

Eksodus para bintang Bayer Leverkusen menuju Bayern Munchen tidak sampai berhenti pada pembelian Michael Ballack. Pada musim panas 2004 bek asal Brazil, Lucio menyusul jejak kedua rekan setimnya di BayArena.

Bayern Munchen memboyong Lucio dengan banderol £9 juta atau setara Rp 149 miliar.

5. Miroslav Klose

 

Klub Asal: Werder Bremen (2007)
Banderol: £11,2 juta

Werder Bremen menjadi salah satu tim yang harus rela melepas pemain andalannya ke Bayern Munchen. Pada 2007 silam, Miroslav Klose resmi berseragam Munchen dengan biaya transfer £11,2 juta atau setara Rp 186 miliar.

6. Mario Gomez

 

Klub Asal: VfB Stuttgart
Banderol: £22,5 juta

VfB Stuttgart mengejutkan publik saat berhasil meraih gelar Bundesliga musim 2006/07. Setelahnya, bisa ditebak dengan kepergian beberapa bintang mereka termasuk sang bomber, Mario Gomez.

Pada musim panas 2009, Bayern Munchen sukses memboyong Gomez dengan biaya £22,5 juta atau setara Rp 373 miliar.
7. Manuel Neuer

 

Klub Asal: Schalke (2011)
Banderol: £22,5 juta

Pada musim panas 2011, Bayern Munchen menjadikan Manuel Neuer sebagai penjaga gawang termahal kedua di dunia setelah diboyong dari Schalke dengan mahar £22,5 juta atau setara Rp 373 miliar.

Angka tersebut tak percuma lantaran Manuel Neuer memiliki peran vital bagi FC Hollywood dalam meraih banyak trofi dalam beberapa musim belakang.

8. Mario Gotze

 

Klub Asal: Borussia Dortmund
Banderol: £27,5 juta

Borussia Dortmund bernasib sama dengan Bayer Leverkusen. Beberapa tahun belakang, usai memenangi gelar Bundesliga di musim 2012/13, skuat Dortmund dilucuti sang rival, Bayern Munchen.

Gelandang mungil timnas Jerman, Mario Gotze menjadi pertama yang dibajak dengan banderol £27,5 juta atau setara Rp 456 miliar.

9. Robert Lewandowski

 

Klub Asal: Borussia Dortmund
Banderol: Gratis

Bayern Munchen seakan mendapat durian runtuh saat penyerang asal Polandia, Robert Lewandowski enggan perpanjang kontraknya bersama Borussia Dortmund untuk menyusul Mario Gotze menyebrang ke klub rival.

10. Mats Hummels

 

Klub Asal: Borussia Dortmund
Banderol: £30 juta

Keputusan kontroversial dibuat kapten Borussia Dortmund, Mats Hummels setelah memutuskan menyebrang ke klub rival, Bayern Munchen pada musim panas 2016.

Tampil menawan bersama Dortmund dan timnas Jerman, membuat Munchen tertarik memulangkan Hummels yang pernah membela tim muda mereka. Dengan banderol £30 juta atau setara Rp 489 miliar, Hummels resmi kembali berseragam Bayern Munchen.