Info Liga Jerman

10 Pemain Termuda Bundesliga Sepanjang Masa

Batas usia minimum yang ditetapkan liga sepak bola Jerman bagi pemain profesional adalah 17 tahun.

Berikut pemain-pemain termuda dalam sejarah Bundesliga Jerman

 

Mario Götze

Pemain yang kini merumput bagi Bayern München ini melakoni debutnya pada usia 17 tahun 171 hari. 21 November 2009, ia diturunkan sebagai pemain pengganti pada menit ke 88, saat klubnya Borussia Dortmund, ditahan Mainz tanpa gol. Lima tahun kemudian, gol Götze membawa timnas Jerman menjuarai Piala Dunia di Brasil.

Dirk Drescher

Penjaga gawang ini hanya pernah tampil sekali di Bundesliga. Namun penampilannya membuat namanya tercatat dalam sejarah Bundesliga. Ia berlaga memperkuat VfL Bochum menghadapi FC Nürnberg saat berusia 17 tahun dan 171 hari. Drescher menggantung sepatu setelah lama didera cidera. Ia kini berprofesi sebagai polisi.

Marc-André Kruska

Dinobatkan sebagai pemain muda berbakat di tahun 2005. Debutnya ia lakukan bersama Borussia Dortmund saat berusia 17 tahun 137 hari pada November 2004. Kruska bermain bagi Dortmund selama empat tahun. Sempat bermain bagi Club Brugge dan Energie Cottbus, kini ia bermain untuk FSV Frankfurt di divisi 2.

Lennart Hartmann

Debut saat berusia 17 tahun dan 107 hari menjadikan Lennart Hartmann sebagai pemain termuda Hertha Berlin dalam sejarah. Sebelumnya, ia sempat diturunkan Hertha dalam Piala UEFA dan Piala Jerman. Namun karirnya tidak pernah benar-benar cemerlang. Pindah ke Alemannia Aachen, tanpa pernah turun bertanding. Dan kini bermain bagi klub sepak bola Tennis Borussia Berlin.

Christian Wück

Pelatih timnas Jerman U-17 ini, melakukan debutnya sebagai pemain profesional bagi FC Nürnberg saat berusia 17 tahun 133 hari. Ia merumput bagi Nürnberg sebanyak 100 kali, sebelum pindah ke ke Karlsruhe, Wolfsburg dan Arminia Bielefeld. Ia memperkuat timnas Jerman U-21 dalam 14 pertandingan dan mempersembahkan tiga gol.

Christian Wörns

Pemain, yang pernah menjadi tulang punggung Dortmund selama 9 tahun ini, turun sebagai pemain profesional pada usia 17 tahun 122 hari bagi Waldhof Mannheim di tahun 1989. Kini, pemain yang bermain 66 kali bersama timnas Jerman ini berprofesi sebagai pelatim tim remaja FC Schalke.

Julian Draxler

Bintang muda yang karirnya sangat melejit ini sudah menjadi juara dunia pada usia 21 tahun. Diincar banyak klub elit Eropa, pemain tengah Schalke ini merumput pertama kali sebagai pemain profesional saat berusia 17 tahun dan 117 hari. Beberapa minggu setelah debutnya, sebagai pengganti, ia menjadi pemain ke-dua termuda di Bundesliga, yang diturunkan dalam formasi awal.

Ibrahim Tanko

Dilahirkan di Kumasi, Ghana, Tanko teken kontrak bersama Borussia Dortmund saat berusia 17 tahun, dan melagakan debutnya pada usia 17 tahun dan 61 hari. Bersama Dortmund ia menjuarai Bundesliga pada musim 1994/95 dan 1995/96, dan mencatatkan namanya sebagai pemain termuda sepanjang sejarah yang pernah menjuarai Bundesliga.

Jürgen Friedl

Menjadi pemain termuda Bundesliga selama tiga dekade. Berdiri pertama kalinya di bawah mistar Eintracht Frankfurt pada usia 17 tahun dan 26 hari. Ia hanya tiga kali memperkuat Frankfurt sebelum akhirnya bermain dengan beberapa klub amatir.

Nuri Sahin

Pemain termuda Bundesliga saat ini masih di pegang oleh Nuri Sahin, yang pertama kali diturunkan Borussia Dortmund ketika ia berusia 16 tahun 335 hari. Ia juga merupakan pencetak gol termuda Bundesliga. Pemain berusia 26 tahun ini kembali ke Dortmund setelah sempat merumput di Feyenoord, Real Madrid dan Liverpool.