Info Liga Jerman

15 Pemain Bundesliga Terbaik Dalam Sejarah

Bundesliga atau divisi teratas dalam Liga Jerman adalah sebuah kompetisi sepakbola yang memiliki sejarah yang cukup panjang. Liga ini memang tidak semeriah Liga Inggris atau Liga Spanyol, namun jangan salah, klub-klub Jerman sangat sering merajai persepakbolaan Eropa, bahkan dunia. Walaupun tidak glamor, Bundesliga adalah sebuah kompetisi yang sangat berkualitas.

Dalam catatan sejarah Bundesliga, ada beberapa pemain yang layak mendapatkan gelar sebagai yang terbaik sepanjang masa. Pemain-pemain ini memiliki torehan prestasi yang luar biasa, baik secara individu maupun bersama tim masing-masing. Langsung saja, berikut daftar 15 pemain terbaik Bundesliga sepanjang masa:

  1. Michael Ballack

Michael Ballack adalah seorang gelandang tengah yang tiga kali terpilih menjadi Pemain Terbaik Jerman selama memperkuat Bayer Leverkusen dan Bayern Munich. Tak hanya di level klub, pemain ini juga bersinar di level tim nasional, di mana ia mampu mengantar Jerman masuk ke babak final Piala Dunia 2002. Prestasi terbaiknya di Bundesliga terjadi dalam kurun waktu 2002 hingga 2005, di mana Ballack mampu membawa Bayern Munich menjuarai tiga gelar Liga Jerman dan tiga gelar Piala Jerman.

  1. Karl-Heinz Korbel

Karl-Heinz Korbel adalah seorang pemain yang memegang rekor jumlah penampilan terbanyak di Liga Jerman. Total, pemain ini tampil sebanyak 602 kali dalam periode 1972 hingga 1991. Hebatnya lagi, seluruh penampilan tersebut ia lakukan untuk satu klub saja, Eintracht Frankfurt. Pemain yang berposisi sebagai bek ini juga sudah mempersembahkan empat gelar DFB Pokal untuk klubnya, serta sebuah trofi Piala UEFA pada musim 1979-1980.

  1. Manfred Kaltz

Manfred Kaltz merupakan seorang pemain yang sangat loyal, di mana ia menghabiskan 20 tahun karir profesionalnya sebagai pemain Hamburger SV. Total, pemain ini tampil sebanyak 581 kali di Bundesliga. Manfred yang berposisi sebagai fullback ini juga memiliki catatan prestasi yang cukup gemilang, di mana ia mampu membawa Hamburg menjuarai tiga gelar Bundesliga, dua gelar DFB Pokal, dan satu Piala UEFA. Manfred tergabung dalam skuad timnas Jerman yang menjuarai Piala Eropa tahun 1980.

  1. Lothar Matthaus

Matthaus adalah sosok karismatik yang berperan besar dalam kesuksesan tim nasional Jerman merajai turnamen internasional di tahun 1980-an hingga pertengahan 1990-an. Di level klub, pemain ini juga sudah memenangkan berbagai turnamen. Setelah sempat keluar dari Jerman selama empat tahun untuk bermain bersama Inter Milan, Matthaus memutuskan untuk kembali ke Bayern Munich, klub yang membesarkan namanya. Di Liga Jerman, Matthaus memenangkan tujuh gelar Bundesliga, tiga gelar DFB Pokal, dan satu gelar Piala UEFA.

  1. Klaus Fischer

Klaus Fischer adalah top skorer Bundesliga kedua sepanjang masa, dengan catatan 268 gol. Karirnya di Bundesliga dilalui bersama empat klub yang berbeda, TSV 1860 München, FC Schalke 04, 1. FC Köln, dan VfL Bochum. Ia memenangi dua gelar liga Jerman dan satu kali mencatatkan diri sebagai top skorer pada musim 1975-76 dengan 29 gol. Pemain ini juga bermain cukup baik bersama tim nasional Jerman Barat, dengan catatan rekor 32 gol dalam 45 penampilan.

  1. Berti Vogts

Vogts adalah seorang pemain belakang yang bertubuh kecil, namun kehebatannya sangat disegani oleh lawan-lawannya. Pemain ini menghabiskan seluruh 14 tahun karirnya sebagai pemain Borussia Mönchengladbach. Di Bundesliga, Vogts total bermain sebanyak 419 kali dan mencetak 32 gol. Ia lima kali membawa Borussia Mönchengladbach menjadi juara Bundesliga, dan merupakan bagian penting dalam timnas Jerman Barat yang menjuarai Piala Dunia 1974.

  1. Matthias Sammer

Walaupun di tim nasional Jerman nama Matthias Sammer selalu berada di bawah bayang-bayang Lothar Matthaus, sweeper yang satu ini memiliki catatan statistik yang cukup bersinar di Bundesliga. Masa-masa keemasannya berlangsung di pertengahan tahun 90-an, di mana Sammer mampu membawa Borussia Dortmund dua kali menjuarai Bundesliga dan satu kali juara Liga Champions. Tak hanya itu, Sammer bahkan sempat terpilih sebagai Pesepakbola Terbaik Eropa pada tahun 1996.

  1. Oliver Kahn

Sosoknya yang tinggi besar dan berwajah sangar membuat gawang Bayern Munich terlihat makin sulit untuk ditembus. Kahn adalah salah satu kiper terbaik yang pernah bermain di Bundesliga. Ia juga memegang rekor sebagai pemain ketiga terbanyak yang pernah tampil di Liga Jerman, dengan catatan 557 penampilan. Karirnya juga bergelimang prestasi, di mana ia mampu membawa Munich 8 kali menjuarai Bundesliga, 6 kali juara Piala Jerman, dan satu kali menjadi juara Liga Champions.

  1. Ulf Kirsten

Ulf Kirsten adalah seorang pemain legendaris dari Bayer Leverkusen. Pemain yang lahir di bagian timur Jerman ini adalah sosok yang sangat berbahaya di dalam kotak penalti. Penyelesaian akhrinya sangat efektif, dan ia juga memiliki kemampuan mengeksekusi set-piece dengan sangat baik. Walaupun mencetak banyak gol, Ulf Kirsten terbilang minim prestasi. Ia hanya mampu satu kali membawa Bayer Leverkusen menjadi juara Bundesliga di musim 1992-93.

  1. Sepp Maier

Jika ada penjaga gawang Jerman yang lebih hebat dari Oliver Kahn, maka penjaga gawang tersebut adalah Sepp Maier. Ia menjadi penjaga gawang utama Bayern Munich dari tahun 1962 hingga 1979. Total, Maier bermain sebanyak 536 kali di Bundesliga. Ia menyumbangkan empat gelar Liga Jerman dan satu gelar Liga Champions. Maier juga tiga kali terpilih menjadi pemain terbaik Jerman dan merupakan skuad inti yang membawa Jerman Barat menjadi juara Piala Dunia 1974 dan juara Piala Eropa 1972.

  1. Gunter Netzer

Netzer adalah salah satu playmaker terbaik dunia yang menghabiskan 10 tahun bermain di Bundesliga untuk klub Borussia Mönchengladbach. Di sana, Netzer mampu mencetak 108 gol dalam 297 penampilan. Tak hanya itu, ia juga membawa Gladbach menjuarai Bundesliga sebanyak dua kali dan sekali keluar sebagai juara Piala Jerman. Penampilan gemilangnya bersama Gladbach membuat Real Madrid membelinya, dan di sana ia mampu memenangkan dua gelar La Liga dan dua gelar Copa del Rey.

  1. Jupp Heynckes

Jupp Heynckes adalah top skorer ketiga dalam sejarah Bundesliga, dengan total 220 gol dalam 394 penampilan. Striker produktif ini juga termasuk dalam generasi emas Borussia Mönchengladbach tahun 70-an, di mana ia mampu memenangi empat gelar Bundesliga, satu gelar Piala UEFA, dan satu gelar DFB Pokal. Setelah pensiun sebagai pemain, Heynckes memutuskan untuk berkarir sebagai seorang pelatih. Karirnya sebagai pelatih terbilang sukses, di mana ia mampu membawa klub besar dunia seperti Bayern Munich dan Real Madrid memenangi berbagai gelar.

  1. Karl-Heinz Rummenigge

Satu lagi pemain Bayern Munich yang masuk dalam daftar pemain Bundesliga terbaik sepanjang sejarah. Rummenigge menjadi bintang sepakbola Jerman di periode 1970-an hingga 1980-an, di mana ia mampu mencetak 162 gol dalam 310 penampilan. Rummenigge juga merupakan bagian dari timnas Jerman Barat yang menjuarai Piala Eropa tahun 1980 dan menjadi finalis Piala Dunia 1982 dan 1986. Saat ini, Rummenigge menjabat sebagai chairman klub Bayern Munich.

  1. Franz Beckenbauer

Kehebatan seorang Franz Beckenbauer memang tak perlu lagi diragukan. Pemain yang berposisi sebagai libero ini memang sosok yang sangat dominan di atas lapangan. Ia memiliki kemampuan untuk menghentikan lawan, mengatur serangan, bahkan cukup sering mencetak gol. Ia empat kali terpilih sebagai pemain terbaik Bundesliga dan mempersembahkan empat gelar Liga Jerman untuk Bayern Munich, dan tiga gelar Liga Champions selama tiga tahun berturut-turut. Tak hanya itu, Beckenbauer juga merupakan bagian penting yang mengantarkan Jerman Barat menjadi juara Piala Dunia 1974.

  1. Gerd Muller

Gelar pemain Bundesliga terbaik sepanjang masa sepertinya pantas untuk disandang oleh Gerd Muller. Muller yang bermain untuk Bayern Munich dalam kurun waktu 1965 hingga 1979 ini adalah top skorer Liga Jerman sepanjang masa, dengan catatan 365 gol. Karirnya sebagai seorang pemain terbilang sangat sukses, baik di level tim nasional maupun level klub. Ia menjadi juara Piala Dunia 1974 dan Piala Eropa 1972 bersama Jerman Barat, serta mempersembahkan empat gelar Bundesliga dan tiga gelar Liga Champions untuk Bayern Munich.