Info Liga Jerman

Fakta Menarik dan Kisah Singkat Manuel Neuer

Jerman, negara ini memang kerap melahirkan pemain-pemain berbakat, tak terkecuali pemain yang bertugas mengawal gawang, mulai dari Oliver Kahn, kemudian ada Jens Lehmann, hingga saat ini mereka punya seorang Manuel Neuer. Kiper Bayern Munchen ini adalah kiper utama timnas Jerman sejak tahun 2011 lalu.

Berikut adalah Profil Lengkap Manuel Neuer:

Nama Lengkap : Manuel Peter Neuer
Nama Akrab : Manuel Neuer
Tanggal Lahir : 30 April 1992
Tempat Lahir : Gelsenkirchen, West Germany
Tinggi Badan : 1.93 m
Klub Saat ini : Bayern Munchen
Kebangsaan : Jerman
Posisi : Penjaga Gawang
Nomor Punggung : 1

Fakta Menarik dan Perjalanan Karir Manuel Neuer :

– Neuer berhasil menyudahi dominasi Iker Casillas yang sukses menyabet gelar sebagai penjaga gawang terbaik dunia versi IFFHS selama lima tahun beruntun. Pemain yang baru berusia 27 tahun itu juga sukses menyingkirkan 5 kandidat kuat lainnya seperti Gianluigi Buffon, Victor Valdes, Petr Cech, Thibaut Cortouis, dan Salvatore Sirigu.

– Pemain kelahiran Gilsenkirchen ini memilih untuk bergabung dengan klub kota asalnya yaitu Schalke 04 di awal karirnya dalam dunia sepakbola. Ia sempat berada di tim reserve, namun akhirnya dipindahkan ke tim utama Schalke pada tahun 2006. Lima tahun kemudian, Bayern Munchen meminangnya dengan nilai 22 juta Euro. Karirnya pun melonjak saat bergabung dengan Die Roten. Dan berhasil menjadi salah satu penjaga gawang terbaik dunia dan sukses membawa klub ibukota itu meraih 5 gelar sekaligus dalam waktu satu musim.

– Prestasi terakhir Neuer adalah menyabet gelar Golden Glove bersama timnas Jerman pada Piala Dunia 2014 di Brazil.

– Neuer adalah satu-satunya kiper yang pernah masuk dalam nominasi penghargaan Ballon D’or dimana yang lainnya berposisikan penyerang atau selain penjaga gawang.

Jerman memang dikenal dengan negara yang selalu melahirkan kiper nomor 1 di dunia.