Info Liga Jerman

Bayern Siap Jegal Madrid Dalam Perburuan Dembele

Peminat penyerang muda milik Celtic yakni Moussa Dembele bertambah satu lagi yakni raksasa asal Jerman Bayern Munchen.

Dembele sudah cukup lama menarik perhatian klub-klub besar di seantero Eropa. Beberapa klub di Premier League disebut siap mendatangkanya, mulai dari Chelsea, Liverpool dan Manchester City.

Belum lama ini, muncul pula ketertarikan dari raksasa La Liga, Real Madrid. Los Blancos juga disebut siap membayar Celtic sekitar 40 juta Pounds untuk mendatangkannya ke Santiago Bernabeu.

Menurut laporan dari The Mirror, kini raksasa asal Bundesliga, Bayern Munchen, juga tertarik untuk bisa mendatangkan pemain berusia 20 tahun tersebut. Bahkan mereka disebut siap memberikan penawaran awal yang bernilai sekitar 30 juta Pounds pada Celtic.

Musim ini, pemain asal Prancis tersebut tampil memesona bagi Celtic. Sejauh ini ia sudah bermain sebanyak 41 kali di semua ajang dan mencetak 27 gol.

Dembele lulusan akademi PSG

Dembele sempat menimba ilmu di akademi klub PSG. Namun ia kemudian pindah ke akademi Fulham pada tahun 2012. Setahun kemudian ia naik pangkat ke tim senior klub London tersebut.

Pada tahun 2016, ia pindah ke Celtic. Performanya pun kian apik berkat polesan mantan manajer Liverpool, Brendan Rodgers.

Profil Dembele

Nama Lengkap :Mousa Sidi Yaya Dembele
Tempat Lahir     :Wilrijk, Belgia
Tanggal Lahir    :16 Juli 1987 (29 Tahun)
Kebangsaan     :Belgia
Klub                    :Tottenham Hotspur
Posisi                 :Gelandang
No Punggung  :19
Tinggi                :185 cm

Mousa Sidi Yaya Dembélé adalah pemain keturunan Mali asal Belgia yang bermain di klub Inggris, Tottenham Hotspur. Pria yang biasa dikenal dengan nama Moussa Dembélé ini mendapatkan darah Mali dari ayahnya yang seorang emigran asal Mali di Belgia. Ibu Dembélé sendiri adalah orang asli Belgia. Dembélé lahir pada 16 Juli 1987 di Wilrijk, Belgia.

Pria bertinggi 1.85 meter ini memulai karirnya di K. Berchem Sport sebelum kemudian pindah ke Germinal Beerschot yang juga menjadi klub dimana ia memulai karir profesionalnya. Ia bermain pada musim 2004-2005 untuk Germinal Beerschot dan tampil di 23 laga serta mencetak 2 gol. Sejatinya Dembélé sudah masuk tim utama Beerschot sejak 2003, namun ia mulai sering diturunkan di musim berikutnya. Debutnya ia jalani pada 24 April 2004 melawan Charleroi.

Karena permainannya yang cukup menjanjikan di Beerschot, Dembélé mulai menarik minat klub-klub Eropa salah satunya raksasa Belanda, Ajax. Namun bukanlah di Ajax Dembélé akhirnya bergabung, melainkan sesama tim Belanda yaitu Willem II. Performa Willew II sendiri dalam mengarungi musim 2005-2006 tidaklah begitu bagus, namun Dembélé berhasil mencetak 9 gol dari 33 pertandingannya di liga.

Oleh karena itu ia kembali dilirik tim yang lebih besar meskipun baru semusim di Belanda. Kali ini adalah AZ yang memboyong Dembélé dari Willem II. Tidak seperti di klub-klub sebelumnya, Dembélé bertahan cukup lama di AZ. Dengan Dembélé di skuat, AZ menjadi salah satu penantang kuat peraih gelar liga. Meskipun akhirnya kalah dari PSV dan hanya finis di peringkat tiga.

Dembélé kembali gagal meraih gelar profesional pertamanya setelah dikalahkan Ajax di final kompetisi KNVB Beker atau Piala Belanda melalui adu penalti dimana Dembélé menjadi penendang kelima. Lagi-lagi Ajax-lah yang menjadi penggagal kesempatan Dembélé untuk bermain di level yang lebih tinggi, kali ini di babak play-off untuk tiket Liga Champions. Meskipun begitu, Dembélé menjadi pemain paling vital di skuat asuhan Louise van Gaal musim tersebut.

Musim Dembélé selanjutnya tidaklah terlalu bagus. Dembélé hanya mengantar AZ finis di posisi 12 pada musim 2007-2008. Di musim 2008-2009, Dembélé berhasil meraih gelar profesional pertamanya yaitu gelar liga Eredivisie meskipun AZ sempat menjalani start yang buruk. Dembélé dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di Eredivisie walaupun sempat mengalami cedera lutut yang membuatnya absen dari Oktober hingga Desember.

Pada 18 Agustus 2010, Dembélé pindah ke klub London, Fulham, setelah sebelumnya pada 12 Agustus ia menolak tawaran bergabung dari Birmingham City. Bersama Fulham, Dembélé meneken kontrak 3 tahun dengan harga 5 juta Poundsterling. Debutnya berjalan cukup baik, setelah bermain di laga melawan Manchester United, ia mencetak gol pertamanya saat bermain di kompetisi Piala Liga melawan Port Vale pada 22 Agustus 2010.

Sebuah gol Dembele pada musim tersebut dinobatkan sebagai “Goal of the Season” oleh fans Fulham. Gol tersebut adalah sebuah gol yang ia ciptakan ke gawang Tottenham Hotspur dimana ia berlari solo dari tengah lapangan dan melepaskan tendangan keras yang gagal dijangkau oleh Heurelho Gomes. Posisi Dembélé sebagai gelandang tengah memungkinkannya untuk melakukan dribling solo semacam itu.

Pada 29 Agustus 2012, klausul pembelian Dembélé yang bernilai 15 juta Poundsterling dipenuhi oleh Tottenham Hotspur. Debut pertamanya diwarnai gol pertamanya di Premier League pada 1 September 2012.

Dembélé juga merupakan punggawa Timnas Belgia sejak 2002 mulai dari timnas U-16. Dembélé juga bermain di Olimpiade musim panas 2008 dimana Belgia kandas di semifinal oleh Nigeria.