Info Liga Jerman

Bayern Terpeleset, Dortmund Tipiskan Jarak!

Klasemen Liga Jerman terbaru hingga Minggu (19/2) memperlihatkan Bayern Munchen yang masih kokoh di puncak. Bahkan, Die Roten memperlebar selisih dari RB Leipzig yang belum bermain di spieltag 21. Namun karena pekan ini Bayern hanya seri, secara teknis, Borussia Dortmund yang menang, sukses menipiskan jarak dari mereka. Kini Dortmund memiliki 37 poin, berbanding 50 milik sang rival abadi.

Bayern Munchen memang hanya bermain imbang 1-1 melawan Hertha Berlin. Itupun didapat dengan sedikit kontroversi: gol pasukan Carlo Ancelotti baru tercipta di menit terakhir injury time. Namun, tetap saja satu poin ini penting. Bayern bisa menekan RB Leipzig yang baru bermain pada Minggu malam hari.

Memang, jika Leipzig mampu merobohkan Borussia Moenchengladbach, maka selisih mereka dari Bayern akan memendek jadi lima poin saja. Namun, tren sang tim promosi sedang buruk. Dalam lima partai terakhir mereka kalah tiga kali. Bisa jadi, malahan jarak delapan angka yang sudah tercipta, bertahan. Artinya, selisih Leipzig ke Bayern lebih buruk daripada pekan sebelumnya, yang cuma tujuh.

Borussia Dortmund Menang Besar

Sementara itu Borussia Dortmund keluar dari krisis untuk menumbangkan Wolfsburg 3-0. Kemenangan penting, karena bertepatan dengan kejatuhan Eintracht Frankfurt. Akibatnya terjadi pergeseran kekuatan di zona Liga Champions. Kini Dortmund ada di peringkat ketiga dengan 37 poin. Mereka disamai oleh Hoffenheim yang pekan ini menguliti Darmstadt 2-0. Namun, selisih gol BVB lebih baik daripada Hoffenheim.

Sebaliknya, Frankfurt yang tumbang dari Ingolstadt dua gol tanpa balas, kini ada di peringkat kelima. Mereka berjarak dua angka dari zona Liga Champions, dan cuma unggul satu poin dari Hertha Berlin yang sama-sama kalah.

Dengan melihat peta kekuatan ini, Bayer Leverkusen yang menang di spieltag 21, kini punya potensi untuk masuk ke Eropa, meski saat ini masih ada di urutan kesembilan dengan 30 angka; berbeda empat poin dari nomor enam, posisi terbawah menuju Liga Europa.