Info Liga Jerman

Hobi Obrolkan Real Madrid, Aubameyang Bikin Pelatih Dortmund Jengkel!

Pierre Emerick Aubameyang ternyata tidak hanya membuat para petinggi Borussia Dortmund gerah dengan ‘mulut embernya’. Kali ini, pelatih BVB, Thomas Tuchel, memperingatkan agar Auba berhenti berkoar mengobral mimpinya ke Real Madrid. Menurut Tuchel, tindakan Auba ini sama sekali tidak menolong tim, malah membuat jengkel.

Sejak musim lalu, Pierre Emerick Aubameyang kerap membuat spekulasi berkembang liar di bursa transfer. Ia sesekali berbicara, ingin menghabiskan waktu lebih lama di Dortmund. Tapi, dalam kesempatan lain, beberapa kali, Auba menyatakan ingin pindah ke klub lain, terutama ke Real Madrid, tempat yang dijanjikannya kepada sang kakek yang sudah meninggal.

Kasus terakhir, adalah ketika Aubameyang berkata, harus pindah ke klub elite jika ingin berkembang. Ucapan ini bukan hanya membuat perburuan terhadap sang penyerang internasional Gabon kembali terbuka. Tetapi juga, muncul kesan Borussia Dortmund hanyalah klub pengekspor bintang, sepeti yang pernah terjadi pada Shinji Kagawa, Nuri Sahin, Mario Gotze, atau yang paling ampuh Robert Lewandowski dan Mats Hummels.

Thomas Tuchel Jengkel

Kali ini, giliran pelatih Dortmund, Thomas Tuchel yang meminta Aubameyang untuk tidak banyak omong. Katanya, “Pernyataan (Auba) yang seperti itu (soal keluar dari Dortmund) sama sekali tidak membantu.”

“Ada beberapa momen ketika ucapannya menjengkelkan. Dan apakah Anda perlu mengucapkan seperti itu di depan publik dalam fase seperti ini, (ketika Borussia Dortmund tertatih di klasemen), jelas sangat layak diperdebatkan. Tapi pernyataan itu juga bukan sesuatu yang terlalu penting buat kami.”

Thomas Tuchel menegaskan, Pierre Emerick adalah sosok kunci untuk Borussia Dortmund. Meskipun demikian, sang juru taktik memperingatkan, bahwa jika Aubameyang memang tidak prima, maka BVB juga tidak akan memanjakannya.

“Jika Anda melihat wawancara (terhadap Auba) secara detail, Anda bisa melihat bahwa dirinya bertanya kepada diri sendiri soal hal fundamental. Apakah ia akan mengakhiri karier di sini (Dortmund), atau berani mengambil langkah maju.”

“Yang bernilai bagi saya adalah, bagaimana ia tampil di sini. Auba siap memberikan segalanya. Saya berulang kali mengatakan, kami tidak akan meraih tujuan apapun tanpa Auba.”