Info Liga Jerman

LIGA JERMAN Jika Mario Gotze Gagal di Borussia Dortmund, Pindah Saja ke Liga China!

Mario Gotze tidak akan kemana-mana, alias bakal selamanya bertahan di Borussia Dortmund.Pasalnya, saat ini tidak ada klub lain di Bundesliga yang bisa menampung kekasih Ann Kahtrin Vida ini. Demikian yang disampaikan oleh legenda Jerman, Lothar Matthaus. Bahkan secara ekstrem, Matthaus menyebutkan, jika sampai gagal di BVB, Gotze pindah saja ke Liga China, tempat ia bisa mendapatkan uang melimpah dengan permainan yang biasa-biasa saja.

Dahulu, Mario Gotze adalah pangeran Borussia Dortmund. Ia begitu dipuji fans sebelum akhirnya menyeberang ke Bayern Munchen. Sejak saat itulah performa ajaib sang gelandang serang lenyap entah kemana. Ia cuma menjadi pemanis bangku cadangan di Bayern. Ketika pulang ke Dortmund pun, semua sudah tidak sama lagi. Musim ini, Gotze hanya menjalani sembilan laga di Bundesliga.

Padahal, pencetak gol kemenangan Jerman di Piala Dunia 2014 ini masih 24 tahun. Di usia seperti itu, Gotze mestinya lebih banyak berkembang. Tetapi kenyataannya ia terus menurun. Oleh karenanya, muncul keyakinan, siapa tahu Mario Gotze bisa kembali ke penampilan terbaik jika pindah ke klub yang levelnya lebih rendah.

 

Mario Gotze harus meningkatkan peforma

Namun Lothar Matthaus menuturkan, Gotze yang harus berubah. Artinya, bukan pindah klub, melainkan meningkatkan performa sehingga layak masuk dalam starting XI Dortmund. Matthaus kepada Bild menyebut, “[Gotze] harus berubah. Ini jelas. Dia tidak memiliki kecepatan yang merupakan kunci sepakbola dewasa ini. Pemain seperti Xabi Alonso bisa saja sedikit lambat (karena berposisi sebagai gelandang bertahan), tetapi hal itu tidak berlaku untuk pemain ofensif seperti Gotze.”

“Pertama, dia meninggalkan Munchen. Kemudian, setahun setelahnya, dia juga bakal meninggalkan Dortmund? (Perpindahan ke klub yang levelnya lebih rendah) ini tidak bisa menjadi solusi. Lagipula, hendak ke mana dia pergi?”

“Jujur, meski terdengar agak menyakitkan, (saya berpikir) jika Gotze tidak tampil maksimal untuk Dortmund, dia harus pergi ke China. Gotze tentu tidak ingin menghasilkan uang yang lebih sedikit.”

“Dia tidak akan pergi ke Schalke atau Leverkusen. Sementara, Gladbach tidak cukup mampu untuk membayar (penandatanganan kontrak) Gotze. Begitu pula klub-klub elite luar negeri. Jadi, jika Gotze tidak masuk tim inti Dortmund, tetapi di sisi lain menuntut gaji yang sama, maka ia akan pergi ke China. Tapi (tampil di liga tersebut) akan menjadi ujian sepele untuk pemain dengan usia 24 tahun seperti dirinya (tanpa tantangan lagi).”