Info Liga Jerman

Low Jamin Posisi Gotze Di Timnas Jerman, Ini Alasannya

Joachim Low berjanji akan tetap memberikan kepercayaan kepada Mario Gotze meski pahlawan Jerman di Piala Dunia 2014 itu kini jarang tampil di klubnya. Menurut Low, Gotze memiliki beberapa kelebihan yang tak dimiliki pemain lain.

Joachim Low berjanji akan tetap memberikan kepercayaan kepada Mario Gotze meski pahlawan Jerman di Piala Dunia 2014 itu kini jarang mendapat tampil tampil di klubnya.

Gotze menjadi salah satu pemain yang dicatat dengan tinta emas dalam sejarah sepakbola Jerman. Turun sebagai pemain pengganti, dia mencetak gol penentu kemenangan Jerman saat menundukkan Argentina di final Piala Dunia 2014.

Namun penampilannya terus merosot setelah itu. Setelah direkrut dari Borussia Dortmund, Gotze harus berjuang keras menembus tim utama Bayern Muenchen. Namun dia gagal menunjukkan perfoma maksimal di klub Bavaria itu.

Dia kemudian kembali ke Borussia Dortmund Juli lalu. Sayangnya, dia kembali gagal menunjukkan performa yang bagus lantaran sering cedera. Musim ini dia hanya tampil sebagai starter dalam sembilan laga Bundesliga. Namun demikian Low tetap memberi perhatian kepada Gotze yang kini berusia 24 tahun.

Mario Gotze pahlawan timnas Jerman

“Mario bisa membuat perbedaan. Dia bukan tipe striker klasik tapi seorang ‘tukang kunci’,” kata Low kepada majalah Kicker.

“Dia mencetak gol melawan tim-tim top – Argentina, Brasil,” papar Low yang menggantikan Juergen Klinsmann tahun 2006 lalu.

“Dia memiliki bakat untuk bermain di level atas. Tak semua pemain bisa seperti itu. Itulah alasan mengapa saya memikirkan dia,” paparnya.

“Bahkan saat dia tak masuk tim, saya tahu apa yang bisa dia lakukan untuk kami,” imbuh Low.

Low menggambarkan Gotze sebagai pemain yang mampu melakukan kritik untuk diri sendiri dan mau bercermin. “Saya pikir sifat ini sangat luar biasa untuk pemain seusianya. Dia sangat ingin tahu dan selalu penasaran, kadang-kadang untuk anak laki-laki itu terlalu banyak,” kata Low lagi.

“Saya berharap dia bisa kembali tampil lepas dan bebas seperti pada awal keberadaannya di Dortmund,” ungkap Low lagi.