Info Liga Jerman

Penyerang Terbaik Dunia? Bukan Luis Suarez, Tapi Robert Lewandowski!

Siapakah penyerang terbaik dunia saat ini? Menurut legenda Jerman Lothar Matthaus, sosok tersebut bukanlah Luis Suarez (Barcelona) atau Karim Benzema (Real Madrid). Sosok tersebut ada di kubu Bayern Munchen. Siapa lagi kalau bukan Robert Lewandowski, penyerang ulung asal Polandia. Apa dasar penilaian Matthaus?

Perdebatan soal pemain terbaik dunia memang jadi duopoli Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Tapi lain soal tentang nomor sembilan terbaik. Lebih banyak sosok yang bisa diadu. Benzema, Suarez, Lewandowski, atau bahkan Diego Costa (Chelsea) dapat dikatakan menjadi yang paling mentereng belakangan.

Khusus Robert Lewandowski, musim ini ia mencetak 28 gol dalam 32 laga di semua kompetisi. Lewa baru saja mengemas hattrick saat Bayern Munchen menelanjangi Hamburg dengan skor telak 8-0. Dan menurut Lothar Matthaus, terlepas dari jumlah gol, Lewandowski memang layak disebut sebagai yang terhebat di era ini.

Dalam kolomnya untuk Sport Bild, Matthaus menyebutkan, “Bagi saya, Lewandowski adalah nomor sembilan terbaik dunia. Ia lebih baik dibandingkan pemain seperti Karim Benzema dan Luis Suarez. Penyerang Chelsea Diego Costa juga mencetak banyak gol, dan juga seorang finisher ulung.”

Lewandowski sang predator

Matthaus menilai, pemain nomor sembilan tidak melulu berkaitan dengan produktivitas. Tetapi juga keterlibatannya dalam permainan. Dalam hal inilah, ia mengukur Lewandowski lebih komplet. Apalagi penyerang internasional Polandia ini juga didukung dengan kemampuan membaca laga yang penting.

“Lewandowski memainkan peranan jauh lebih besar dalam permainan timnya. Ia mencetak gol dengan kaki kiri, kaki kanan, dengan kepala, menyumbang assist, dan luar biasa memegang bola. (Luis) Suarez sepenuhnya finisher murni, tapi Lewandowski terlahir dengan pemahaman tertentu menghadapi laga.”