Info Liga Jerman

Robben: Pindah Ke China Bukan Sebuah Opsi Bagi Saya Saat Ini

Arjen Robben mengatakan bahwa pindah ke China bukan sebuah opsi baginya saat ini, namun ia tidak menutup kemungkinan akan pensiun saat kontraknya dengan Bayern Munich berakhir.

Pemain berusia 33 tahun itu merapat ke Allianz Arena dari Real Madrid pada 2009 dan bulan lalu ia menandatangani perpanjangan kontrak yang akan membuatnya tetap dengan klub juara Jerman sampai musim panas 2018 mendatang.

Meski ia mengaku senang dengan perpanjangan kontraknya, akan tetapi Robben tak menutup kemungkinan untuk gantung sepatu sebagai pesepak bola profesional ketika kontraknya di Bayern Munich habis nanti.

“Saya tak pernah melihat jauh ke masa depan, oleh karena itu saya super bahagia dengan perpanjangan kontrak ini. Saya tak lagi yang termuda. Jika saya berusia 29 atau 30 tahun, dan hanya kesepakatan tambahan setahun akan jadi pertanda buruk,” katanya kepada kicker.

“Tapi dengan ini kita bisa melihat lagi musim dingin mendatang. Mungkin saya akan berpikir ini adalah akhir,” terang Robben.

Bulan lalu, kapten Belanda tersebut mengkritik pemain yang pindah ke China pada puncak karier mereka, dan mengungkapkan bahwa dirinya telah menolak berbagai tawaran dari Liga Super China yang berkali-kali lipat dari Bayern Munich.

China merupakan sebuah Opsi

Robben menambahkan, “Saat ini, China bukan sebuah opsi bagi saya. Peluang saya untuk pindah ke China sangat minimal. Tapi saya juga belajar bahwa Anda tak boleh mengesampingkan apa pun dalam karier Anda.”

“Ada begitu banyak uang yang beredar di China, bahwa mereka memaksa pemain untuk setidaknya berpikir tentang penawaran yang mereka berikan,” tandas Robben.

Dengan Pensiun di Liga China dapat membuat pemain kenyang akan pengalaman karena China sedang gencar – gencarnya mempromosikan Liga Sepakbola mereka dengan mendatangkan pemain – pemain bintang dari Eropa.