Info Liga Jerman

Sejarah VfL Wolfsburg

VfL Wolfsburg merupakan sebuah klub sepakbola Jerman yang didirikan pada tanggal 12 September 1945, dengan nama lengkap Verein fur Leibesubungen Wolfsburg.Klub tersebut didirikan awal mulanya dari sebuah klub multi-olahraga yang digunakan untuk memfasilitasi para pekerja Volkswagen yang merupakan anak perusahaan Grup Volkswagen.
 
Akan tetapi dengan berjalannya waktu klub ini lebih dikenal karena sepak bolanya seperti klub Hamburger SV, dengan Stadion Volkswagen Arena sebagai markas besar kebanggaan mereka untuk menjamu tim-tim lawan dengan kapasitas daya tampung kurang lebih 30.000 tempat duduk.
Klub VfL Wolfsburg sepenuhnya dipegang oleh Pemilik Volkswagen AG yaitu perusahaan raksasa yang bergerak sebagai produsen mobil kelas dunia. Dengan Dr. Francisco Javier García Sanz saat ini sebagai presiden klub VfL Wolfsburg yang mempunyai julukan Die Wölfe yaitu dalam bahasa jerman yang berarti jika di bahasa Indonesia adalah sang srigala.
Sejarah dimulai pada tanggal 12 September 1945, atau setelah Perang Dunia II, sebuah klub baru dibentuk dengan nama VSK Wolfsburg. Klub mengalami masa krisis pada tahun pertamanya. Pemainnya kabur ke klub sekota; FC Wolfsburg. Pemain yang tersisa, namanya Josef Meyer, bekerja keras membangun klub dengan bantuan Willi Hilbert.
Keduanya mendatangkan pemain baru, dan mengubah nama klub menjadi VfL Wolfsburg.Namun tetap saja Wolfsburg lambat berkembang, dan lebih banyak menghabiskan usianya di Divisi III Amateur Oberliga Nord. Mereka baru masuk ke Bundesliga II musiam 1992–1993.

 

Setelah mencapai final Piala Jerman tahun 1995, Die Wolfe mulai dikenal publik sepakbola Jerman. Dua tahun kemudian mereka masuk Bundesliga I. Tidak ada yang percaya Wolfe bisa melewati musim pertamanya dengan baik. Sebagian pengamat memperkirakan Wolfe akan kembali ke Bundesliga 2. Ramalan itu tak menjadi kenyataan.

Prestasi Klub
Klub ini berhasil meraih gelar juara budesliga yaitu pada musim 2008-2009.Dalam hal urusan gelar klub VfL Wolfsburg lumayan banyak penghargaan yang diperoleh antara lain juara bundesliga pada musim 2008-2009, juara DFB Pokal pada musim 2012-2013,runners-up DFB-Pokal pada musim 1994-1995, runners-up German Amateur Football Championship pada tahun 1963, runners-up Regional liga Nord pada tahun 1970, juara tiga kali Amateuroberliga Niedersachsen-Ost pada tahun 1952, 1954, 1963.
Kemudian empat trofi juara Oberliga Nord dan tiga posisi runners-up. Tim junior VfL Wolfsburg juga telah memperoleh prestasi diantaranya sekali runners-up German Under 19 championship, satu kali juara Under 19 Bundesliga North/Northeast, dan satu kali juara Under 17 Bundesliga North/Northeast pada tahun 2009.